Air adalah salah satu benda ciptaan Allah yang mempunyai keistimewaan luar biasa. Dengan mempelajari sifat-sifat air ini, Insya Allah kita akan bertemu dengan penciptaNya yaitu Allah SWT.

 

Dengan diciptakannya air di Planet Bumi ini, kehidupan bumi menjadi indah dibanding dengan planet lainnya. Adanya air menjadikan bumi planet yang hidup dan sekaligus tempat kehidupan. Di dalam Alqur’an kata ‘air’ disebut lebih dari 140 kali dan dikatakan bahwa air adalah sumber kehidupan. Sedemikian pentingnya keberadaan air ini, sehingga sangat perlu kiranya kita merenungkan, apakah yang menyebabkan air menjadi sumber kehidupan.

 

Beberapa sifat air yang sangat luar biasa, menjadikan ia sebagai sumber kehidupan antara lain :

1. Air tidak sama dengan benda pada umumnya. Air jika membeku, bertambah ringan jika  dibandingkan saat mencair. Padahal, setiap benda pada umumnya, jika benda lebih padat maka akan lebih berat dibanding saat kurang padat. Misalnya besi lebih padat dari kayu. Pada volume yang sama besi lebih berat dari kayu. Kayu lebih padat dari kapas, maka volume yang sama kayu lebih berat dari kapas.

 

Anehnya, air jika membeku seharusnya lebih padat dibanding saat cairnya. Ternya air beku (es) menjadi lebih ringan. Karena itu, es mengapung di permukaan air. Hal inilah yang menyebakan lestarinya alam kita. Sebab pembekuan terjadi di sungai, di danau, dan di laut hanya terjadi di permukaannya. Andaikata air beku lebih berat dari air yang cair, maka laut, sungai dan danau pada daerah dingin akan menjadi bongkahan es. Semua makhluk hidup di dalamnya akan mati. Alampun  akan mati karena menjadi gumpalan batu es semuanya.

  

2. Air mempunyai sifat panas (hangat) yang luar biasa. Sehingga, pada perbedaan siang dan malam, tidak terjadi perbedaan suhu yang dramatis dan drastis. Hal ini menjadikan makhluk hidup, khususnya manusia, bisa bertahan dari udara dingin. Maka, sebagai pembelajar, seharusnya kita banyak bersyukur bahwa di sekitar kita ada banyak sungai, laut, dan lautan. Pernahkan kita mensyukurinya…..? Karena keberaan mereka itulah kita bisa bertahan hidup. Allah yang Maha Kasih kepada manusia telah menyediakan (selimut) berupa air yang menghangatkan kita dari dinginnya udara.
3. Air mempunyai sifat pelarut yang luar biasa. Bayangkan jika air tidak memiliki daya pelarut. Setiap tahun sungai mengirim benda-benda dari permukaan bumi ke laut sekitar lima milyar ton. Sungguh bumi akan berbau busuk jika air tidak memiliki sifat pelarut yang hebat. Itu semua ada (setting) Allah yang begitu luar biasa dan sangat indahnya. Pernahkah kita mensyukurinya ….?
4. Air memiliki nilai filosofi yang luar biasa. seorang ahli hikmah akan banyak mengambil pelajaran dari air sifat-sifat luar biasa dari air akan memberikan pelajaran hidup bagi manusia. Air mempunyai permukaan yang rata. Hal ini mengingatkan bahwa kita sebenarnya adalah makhluk yang sama di hadapan Tuhan Semesta. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah. Ini memberikan pelajaran bahwa seharusnya kita selalu peduli kepada manusia yang berada di bawah kita. Air menjadi kuat karena ketekunannya. Lihatlah, dengan tetesan-tetesan yang tak pernah kenal lelah, air mampu mengikis batu karang yang sebesar dan sekuat apapun. Karenanya, dalam hidup ini istiqamah adalah hal yang sangat penting. Rasulullah SAW bersabda “Amal baik yang paling disukai Allah adalah amal baik yang dikerjakan secara terus menerus (rutin) (HR. Bukhari)
5. Air adalah sumber kehidupan. Semua yang hidup berasal dari air, bahkan udara yang dihirup oleh manusiapun mengandung air. Dalam semua aspek kehidupan kita akan bertemu dengan keberadaan air. Tanpa air manusia tidak akan bisa hidup. Sebaliknya dengan air manusia akan bisa mempertahankan kehidupannya. Dapat di lihat dalam ikan dalam akuarium walaupun pemiliknya lupa memberikan makanan beberapa minggu ia tetap hidup, sementara  burung yang berada dalam sangkar lupa pemiliknya memberikan air tiga hari saja, maka ia akan mati. Sungguh Maha Benar Allah dengan segala firmanNya, bahwa air adalah sumber kehidupan.

QS. Al-Baqarah : 164

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya  malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s