Sesungguhnya, tubuh manusia diciptakan dengan penuh keseimbangan.  Coba kita lihat dan renungi tubuh kita sendiri dan jangan kita lupakan tubuh kita sendiri dan kadangkala kita tidak menyadari kehebatan tubuh kita. Bertambah direnungi maka akan bertambah kelihatan yang ada di tubuh kita.

 

1. Manusia mempunyai dua tangan, dua kaki, satu kepala, satu tubuh. Semuanya oleh Allah dirancang dan dihitung dengan ketelitian sedemikian rupa sehingga menjadi selaras dan seimbang.

 

2. Coba lihat perbandingan besarnya kepala manusia dengan ukuran tubuhnya. Rata-rata ukuran kepala manusia normal sebesar 1/8 kali ukuran tubuhnya. Maka terlihatlah keindahan postur tubuh manusia. Andai saja ukuran kepala manusia lebih besar atau lebih kecil dari ukuran manusia, sungguh tidak akan nampak seimbang.

 

3. Perhatikan lebarnya mata kita. Secara umum lebar mata manusia sama  dengan ukuran jarak kedua matanya. Sehingga tampaklah begitu menawan wajah manusia. Andai saja lebih pendek atau lebih panjang tentu tidak seimbang dan tidak enak dipandang mata.

 

4. Perbandingan hidung dan muka manusia. Muka manusia rata-rata sepanjang tiga kali panjang hidungnya.

 

5. Coba lihat panjang tangan dan panjang kaki manusia. Sungguh memiliki ukuran yang seimbang, sesuai dengan fungsi yang ada, dan sesuai pula dengan fungsinya dalam aktifitas keseharian.

 

6. Lihat besarnya jantung, besarnya paru-paru, panjangnya usus, besarnya butir-butir darah merah, besarnya pori-pori. Andaikan tidak sebesar yang ada sekarang, maka aktifitas manusia akan terganggu dan manusia akan mengalami kematian.

 

7. Perhatikan syaraf-syaraf sebagai pengirim berita dan instruksi ke seluruh tubuh manusia. Sungguh sangat fantastis…. Mungkin kita akan ngeri menyaksikan kehebatan ciptaan Allah ini. Otak manusia merupakan jaringan lunak yang mempunyai berat rata-rata  sekitar ½ kg dan terdapat sekitar 10 trilyun sel syaraf. Untuk mengaktifkan sel syaraf itu, Allah menghubungkan dengan sel syaraf lain yang berjumlah sekitar 100 (seratus) milyar…… (Subhanallah). Apakah kita mengetahui berapa banyak angka seratus milyar tersbut?  Andaikan kita menyusun buku secara berdiri di rak buku kita, dan ketebalan rata-rata 2 cm saja, maka panjang susunan buku kita akan mencapai :

 

100.000.000.000 X 2 cm   = 200.000.000.000 cm

=  2.000.000.000 m  

=  2.000.000 km

Padahal keliling bumi kita hanya sekitar 40.000 km

Artinya untuk menampung dan menyusun buku yang sebanyak 100 milyar itu kita membutuhkan rak/lemari buku yang panjangnya 2 juta km. Maka lemari buku tersebut akan berderet sepanjang 2.000.000.000 / 40.000 = 50 kali keliling bumi… sungguh luar biasa! Sudah cukup hebatkah otak kita? Belum!!…

8. Yang lebih mencengangkan adalah bagaimana aktifitas syaraf-syaraf kita bekerja dalam menggerakkan seluruh tubuh kita. Untuk menggerakkan aktifitas tubuh tersebut, syaraf-syaraf bagaikan jalan tol yang bebas hambatan. Kecepatan pergerakannya cukup fantastis, yaitu 320 km/jam. Sehingga di otak manusia terjadi kesibukan yang luar biasa setiap detiknya. setiap detik terdapat ribuan pesan yang mondar mandir dari otak ke seluruh tubuh dan sebaliknya.

 

9. Perhatikan dan renungkanlah….. Pada saat membaca artikel ini saja, sudah ada ribuan aktivitas di otak kita. Aktifitas sel otak yang bekerja luar biasa cepat dan tepatnya itulah yang menyebabkan saat ini kita dapat membaca. Pada saat yang bersamaan, kita duduk, bisa mendengar, menggerakkan tangan untuk mengklik, menggerakkan kaki, bisa berfikir tentang apa yang kita baca, bisa mencium bau kue atau makanan, jantung kita tetap berdegup teratur, darah mengalir dengan kecepatan yang normal, rambut dan kuku jari-jari kita tetap memanjang sesuai dengan kecepatan tumbuhnya, air mata keluar sesuai dengan keadaan emosi kita dan pada saat yang sama usus kita mencerna makanan yang sudah kita makan….. Subhanallah. 

 

Itu semua berjalan dengan secara bersamaan dengan ketepatan yang luar biasa, sebab sedikit saja terjadi kesalahan maka akan berakibat fatal bagi tubuh. Lalu sebagai pertanyaannya, Kapan kita mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Allah atas semua itu? Berapa kali kita bersyukur dalam sehari semalam……?

 

Andaikan kita bersyukur dan berterima kasih 1 juta kalipun sehari, maka itupun tidak akan cukup untuk membalas jumlah nikmat yang begitu banyak dan tak terhitung……………..

Komentar
  1. sman1pasaman mengatakan:

    Alahmdulillah, saya sudah baca beberapa materi blog ini…semua bagus-bagus.. Semoga dapat meneruskan dakwah melalui internet/blog ini dengan materi-materi yang semakin bernas… Jazakumullhaikhairan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s