Mengapa demikian? Karena Allah SWT menciptakan semua yang ada di atas dunia ini untuk diketahui dan dikenali dengan baik oleh manusia. Jutaan atau milyaran pertanyaan yang harus dijawab oleh manusia sebab ilmu Allah itu tidak terbatas. Mulai dari siapa manusia itu sebenarnya? Untuk apa dia diciptakan? Siapa yang menciptakan jagad rayan ini? Bagaimana mengatur kehidupan ini? Dan seterusnya….

Ibadah yang dibebankan kepada manusia harus dipahami dengan baik. Sehingga manusia dengan mudah menjalankan ibadah dengan benar dan khusuk. Ibadah akan menjadi rendah dan susah kalau tidak berdasarkan ilmu. Kelebihan seorang alim terhadap orang lain, bagaikan kelebihan seorang nabi atas umatnya. Demikian Rasulullah saw bersabda :

“Apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang lantaran ajaranmu kepadanya, maka lebih baik dari pada dunia seisinya” (HR. Ahmad)

Sungguh hebat posisi orang yang memiliki ilmu pengetahuan, sampai dikatakan oleh Rasulullah saw bahwa bagaikan kelebihan seorang nabi atas umatnya. Artinya dihadapan manusia dia tempat bertanya sementara dihadapan Allah dia sebagai sarana untuk menyampaikan wahyu dari Sang Pencipta.

Allah SWT telah berfirman bahwa orang yang berilmu mempunyai derajat yang tinggi.

Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Al-Mujaadilah : 11).

Allah memberikan harga yang tinggi kepada orang yang berilmu jika berhasil menyampaikan ilmunya kepada orang lain. Harga itu berupa melebihi dunia seisinya. Apakah bisa kita menghitung berapa nilai dunia? Jangankan menghitung dunia, untuk menghitung berapa jumlah nikmat kesehatan saja tidak sanggup.

Seorang yang memiliki harta yang banyak. Lalu suatu saat dia sakit parah. Penyakit tersebut akan sembuh jika dia mengeluarkan seluruh hartanya. Niscaya dia akan mengeluarkan seluruh hartanya yang ada untuk kesehatannya. Padahal harta itu dia cari siang malam, hujan panas dan tidak kenal waktu.

Rasulullah saw menyampaikan betapa pentingnya ilmu yang dikatkan dengan meraih surga. Sabda Rasulullah saw :

“Barang siapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu pengetahuan, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga”.

Komentar
  1. vyanrh mengatakan:

    Artikel bagus… dan kalo boleh ditambahkan menjadi “Seharusnya orang tua menjadi Guru yang lebih”

  2. jerzz mengatakan:

    waduh ngepostnya banyak banget salut dhe !
    visit my blog again
    http://jerzz.wordpress.com/
    http://blackercomputerz.wordpress.com/

  3. Peduli Pendidikan mengatakan:

    info yang sangat bagus, kritis dan membangun….. trim’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s