Manusia mempunyai berbagai macam keinginan dalam kehidupan ini.  Jika manusia ingin hidup tenang dan damai dalam kehidupannya maka dia harus berbuat kebajikan-kebajikan. Untuk menjadikan dunia tenang dan damai tidak bisa dilakukan oleh satu orang atau dua orang melainkan oleh semua orang. Satu saja yang berbuat kekacauan maka semuanya menjadi tidak tenang dan tidak damai. Maka kalau  ingin mencapai ketenangan dan damai, paling tidak harus menjawab beberapa pertanyaan.

  1. Ada berapa orangkah kira-kira di dunia ini yang mempunyai keikhlasan hati ketika berbuat sesuatu?
  2. Ada berapa orang pemimpin  di dunia ini dari sekian banyak pemimpin pada suatu Negara, yang ketika memimpin hatinya ikhlas karena Allah?
  3. Ada berapa orang di dunia ini dari sekian banyak pejuang pada suatu Negara, yang ketika berjuang hatinya ikhlas karena Allah?
  4. Ada berapa orang dari sekian jutaan ilmuan, yang ketika menyampaikan ilmunya hatinya ikhlas karena Allah?
  5. Ada berapa orang dari sekian milyar dermawan, yang  hatinya ikhlas karena Allah?
  6. Ada berapa orang dari sekian milyar ibu rumah tangga, ketika membina rumah tangganya yang  hatinya ikhlas karena Allah?
  7. Ada berapa orang dari sekian milyar pekerja, ketika bekerja yang  hatinya ikhlas karena Allah?

Sungguh orang-orang yang cinta pada Allah sajalah yang mampu berbuat ikhlas, yang hatinya terpelihara dari rasa dengki, riya’, dan rasa sombong serta congkak. Cukuplah Allah sebagai saksi atas segala perbuatan. Orang ikhlas tidak memerlukan sanjungan, tidak butuh pujian. Seolah tangan kanan berbuat kebajikan, tangan kiri tidak mengetahuinya.

Sungguh sangat sedikit orang yang mempunyai keikhlasan hati seperti itu. Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang ikhlas… amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s