Namanya Al-Ahnaf bin Qais tergolong dalam ulama-ulama yang terkenal di zaman hidupnya. Pada suatu hari datang seorang pemuda dari suku Tai’yi berkunjung ke rumahnya. Rumah Al-Ahnaf memang sentiasa dikunjungi oleh orang banyak, terutama oleh anak-anak murid dan sahabat-sahabatnya. Mereka sekalian menziarahinya dengan tujuan untuk menuntut ilmu darinya.

Kedatangan pemuda dari suku Tai’yi itu sangat menarik perhatiannya. Ahnaf melihat pemuda itu sangat tampan serta gagah. Lalu ia pun bertanya: “Wahai orang muda, apakah engkau menghiasi wajahmu dengan sesuatu?.”

“Benar tuan, sesungguh saya menghiasi wajah saya dengan sesuatu,” ujarnya dengan sopan serta ringkas. Pemuda itu menyambung lagi: “Kalau saya berbicara saya tidak bohong. Kalau ada orang sedang berbicara saya mendengar. Kalau saya berjanji saya tepati dan jika saya diberikan sesuatu amanah saya tidak khianat.”

Mendengar jawaban yang bernas itu, maka berkatalah Ahnaf: “Benar seperti katamu wahai orang muda, sungguh engkau telah menghiasi dirimu dengan akhlak yang mulia.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s