KENAPA RASULULLAH MEMPERHATIKAN ORANG FAKIR MISKIN?

Posted: 14 Juli 2009 in Umum
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , ,

Sabda Rasulullah s.a.w.: “Kunci syurga ialah mencintai orang-orang miskin.”

Dalam hal ini Rasulullah telah menunjukkan contoh yang luar biasa.

Pada suatu hari, setelah selesai Sholat jamaah di masjid, Rasulullah tergesa-gesa pulang ke rumah hingga sahabat-sahabat merasa heran. Setibanya di rumah, Rasulullah lalu menyuruh pembantunya memanggil orang-orang fakir dan miskin pada malam itu juga untuk dibagikan uang. Sebenarnya sesudah sholat terlintas dalam ingatan Rasulullah  bahwa dia masih menyimpan uang yang belum dibagikan kepada orang yang berhak menerimanya.

Pada hari yang lain, Rasulullah telah pergi ke pasar untuk membeli sehelai kain sambil membawa uang delapan dirham. Di tengah jalan Rasulullah bertemu dengan seorang budak perempuan yang menangis. Dia tidak berani pulang karena takut akan dimarahi oleh majikannya. Seketika itu juga Rasulullah memberikan kepadanya uang dua dirham, lalu berhentilah ia menangis.

Dengan uang enam dirham Rasulullah terus pergi ke pasar lalu membeli sehelai kain sarung dengan harga empat dirham. Saat pulang Rasulullah bertemu dengan seorang lelaki tua yang sudah compang-camping pakaiannya, hingga nampak bagian aurat. Tanpa memikirkan kebutuhannya Rasulullah selanjutnya memberikan kain sarung yang baru dibelinya itu kepada orang tua tersebut. Kemudian Rasulullah kembali ke pasar dengan uang yang masih ada. Rasulullah membeli kain sarung untuk dirinya sendiri yang tentu mutunya lebih rendah daripada kain sarung yang dihadiahkannya tadi.

Komentar
  1. Johan mengatakan:

    Subhanallah..Begitu mulia sifat engkau ya Rasulullah..semoga salam penghormatan selalu tercurah pada engkau..Assalamualaika Ya Kahataman Nabiyin..Takkan habis cinta kami padamu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s