APAKAH UNTA BISA MENGADU?

Posted: 14 Juli 2009 in Nasehat
Tag:, , , , , , , , , , , , , , , ,

Dalam suatu khutbahnya Rasulullah s.a.w. telah menyeru supaya manusia berbuat baik antara satu sama lain terutama terhadap anak-anak yatim, janda-janda juga terhadap binatang.

Pada suatu hari ketika baginda berjalan pulang ke rumahnya, lalu dilihat seekor kucing sedang tidur dengan anak-anaknya di atas jubah yang ingin dipakainya. Sikap baginda yang cintakan binatang membuat Rasulullah menggunting bagian jubah yang   untuk di pakai. Dengan demikian kucing-kucing tersebut tidak terganggu.

Suatu ketika yang lain pula sedang Rasulullah berjalan-jalan disuatu lorong, tiba-tiba terlihat seekor unta sedang berlari dengan kencangnya. Orang banyak berlarian untuk menghindar dari tabrakan unta itu. Tetapi anehnya ketika unta itu sampai kepada Rasulullah ia menjadi jinak, lalu ia dipeluk oleh Rasulullah.  Tak lama kemudian pemilik unta itu datang dengan  tergesa-gesa  sambil mengucapkan terima kasih kepadanya.

Rasulullah tahu apa yang menyebabkan unta itu lari dari pemiliknya. Rasulullah berkata: “Kenapa engkau tidak memberikan makanan yang cukup untuk unta ini? Ia mengadu lapar kepadaku. Kalau engkau dapat menjaganya dengan baik ia tidak akan lari.” Orang itu sangat terkejut mendengar kata-kata Rasulullah, dia tidak menyangka bahwa unta itu bisa mengadu kepada Rasulullah dan baginda memahami bahasa binatang itu. Lantas ia mengaku kesalahannya itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s