PERKIRAAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Posted: 5 Juli 2009 in Umum

Seorang futurolog, Richard Watson, sudah mengeluarkan prediksinya tentang apa yang basi dan siapa yang nge-tren 50 tahun ke depan.

Pada tahun 2010, diprediksikan menulis surat akan sudah sangat ketinggalan. Kegiatan korespondensi akan digantikan tempatnya dengan kehadiran komputer yang bisa dikenakan ke mana saja sehingga kegiatan menulis surat bukanlah tentang kertas dan pena, namun cukup mengetik di komputer pribadi.

Selain itu, digambarkan di tahun ini orang-orang tak akan lagi mempunyai rahasia pribadi, karena adanya sensor kebenaran yang bisa mengungkap apapun sisi terdalam seseorang yang dulunya disimpan rapat-rapat.

Lima tahun kemudian, ketika tahun 2015 menjelang, telepon rumah diramalkan akan sangat basi karena sudah ada ponsel sekali pakai. Selain itu, di tahun ini alasan tersesat akan terdengar tak masuk akal karena ada hotel yang hanya untuk numpang tidur. Jadi ketika seseorang tersesat tak perlu takut tak punya tempat bernaung.

Lalu sepuluh tahun ke depannya lagi atau tahun 2025, digambarkan membayar tol tak ada lagi sehingga semua orang bisa bebas menggunakan jalan tanpa mengelurkan uang sepeser pun untuk melewati jalan bebas hambatan tersebut. Lalu kegiatan mengemudi akan semakin ramah lingkungan dengan didukung hadirnya tempat isi bahan bakar hidrogen.

Untuk kesejahteraan karyawan, diramalkan di tahun 2025 tak ada lagi karyawan yang bekerja di akhir pekan dan ada ‘pembasuh ingatan’ yang bisa menghilangkan memori buruk selama di kantor.

Diprediksikan juga komputer desktop akan basi, seiring dengan Paris Hilton yang tak menarik lagi untuk diberitakan.

Kemudian untuk tahun 2035, Microsoft diramalkan tak lagi jadi primadona di dunia piranti lunak. Keberadaannya akan digeser dengan pendatang-pendatang baru. Lalu juga diramalkan akan hadir printer tiga dimensi sehingga bentuk yang dicetak semakin terlihat nyata.

Pada tahun 2045 nanti, diprediksikan kehidupan di Mars sudah mulai berjalan dan orang-orang akan membayar pajak sesuai dengan tingkat polusi yang seseorang timbulkan terhadap lingkungan. Diramalkan juga keruntuhan monarki Inggris akan terjadi di tahun ini, begitupun dengan segala bentuk monopoli.

Ketika tahun 2050 sudah di depan mata, diprediksikan Google tak lagi jadi search engine jagoan untuk mencari sesuatu, memori seseorang bisa diunduh, otak bisa ditransplantasikan, adanya kartu global sebagai kartu tanda identitas, untuk mengikuti pemilu, dan untuk membayar pajak. Kemudian polisi sebagai penegak hukum bukanlah lagi seorang manusia tapi robot.

Terakhir, lewat dari tahun 2050 nanti, Amerika Serikat bukanlah negara adidaya lagi, kematian bisa disiasati sehingga bisa dihindari, manusia bisa menciptakan otak buatan dan ditemukannya Web 4.0 dengan kecepatan akses internet yang tak bisa terbayangkan cepatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s