Orang Tua Butuh Nasihat

Posted: 3 Juli 2009 in Umum

Orang Tua sangat berperan terhadap perkembangan seorang anak. Sebagian orang tua mungkin memandang campur tangan mereka dalam kehidupan sekolah anak-anak adalah suatu keharusan. Namun, menurut Dr Ken Haller, profesor pediatrik di Saint Louis University School of Medicine, Missouri, Amerika Serikat, ada saat-saat tertentu anak-anak harus dibiarkan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. ”Hanya dengan begitu anak-anak akan belajar mengenai kemampuan yang mereka butuhkan jika kelak mereka dewasa,” kata Haller.
Ia pun memberikan beberapa saran untuk para orang tua, antara lain mendorong anak untuk membicarakan masalahnya. Tetapi, biarkan mereka menemukan sendiri solusi dari permasalahan itu. Pemecahan masalah, kata Haller, membantu anak-anak belajar dan tumbuh.
Luangkan waktu untuk membantu anak Anda menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Jangan langsung memberikan jawaban walaupun soal dalam pekerjaan rumahnya terlihat sulit.
Ajari anak menghormati guru. Anda tidak dilarang menanyakan kebijakan-kebijakan yang dibuat guru atau sekolah. Namun, jangan mengkritik berlebihan, melanggar peraturan guru dan sekolah, atau membuat alasan untuk anak Anda.
Tugas orang tua adalah menyiapkan anak menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab. Kurangi bertahap keterlibatan Anda dalam kehidupan anak dan biarkan mereka menjalani kehidupan mereka sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s